Toxoplasmosis

Toxoplasmosis adalah penyakit yang disebabkan oleh protozoa (hewan bersel satu) Toxoplasma gondii. Parasit tersebut menginfeksi banyak binatang berdarah-hangat, termasuk manusia, tetapi paling sering menginfeksi kucing pada famili felidae. Binatang terinfeksi dengan mengigit daging yang terinfeksi, dengan kontak terhadap feses kucing, atau dengan infeksi dari ibu ke fetus. Sementara hal ini benar, kontak dengan daging terinfeksi yang belum dimasak menjadi akibat lebih penting terhadap infeksi manusia pada banyak negara.

Toxoplasma menyerang siapa saja tapi ada beberapa orang spesifik yang perlu melakukan pemeriksaan Toxoplasma salah satunya adalah wanita yang akan hamil baik baru hamil atau sedang hamil, bayi  baru lahir yg ibunya positif terinfeksi toksoplasma pada saat hamil dan penderita yg diduga terinfeksi. Pemeriksaan ini menjadi penting karena pada umumnya infeksi ini tidak menunjukkan gejala, kalaupun ada, gejalanya tidak khas/spesifik, sehingga sering dokter atau yang bersangkutan tidak mengenalinya. Ada beberapa pemeriksaan laboratorium yang mempengaruhi diagnosa, salah satunya adalahpemeriksaan antibodi spesifik Toxoplasma (IgG, IgM dan IgG affinity).

 

ref:  Ryan KJ; Ray CG (editors) (2004). Sherris Medical Microbiology (4th ed. ed.). McGraw Hill. pp. pp. 723–7. ISBN 0-8385-8529-9.