About Us

LATAR BELAKANG PENDIRIAN

Sesuai dengan perkembangan jaman dan kemajuan pesat dalam bidang ilmu kedokteran dan kesehatan, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sebagai suatu Fakultas Kedokteran terkemuka di Indonesia terus berusaha mengikuti perkembangan yang ada dengan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dan fasilitas dalam bidang penelitian.

Indonesia merupakan negara tropis dengan jumlah penduduk 230 juta jiwa memiliki angka penyakit infeksi yang cukup tinggi. Hal ini merupakan sumber bahan penelitian di bidang penyakit tropis yang sangat berharga. Perkembangan yang pesat di daerah urban dan meningkatnya angka harapan hidup menyebabkan perubahan pola penyakit di kota-kota besar yang ditandai dengan peningkatan angka penyakit degeneratif dan juga penyakit neurodegeneratif.

Pemanasan global dunia menyebabkan perubahan lingkungan/iklim dan polusi, dan tekanan kehidupan di kota besar serta pola makan berubah berpengaruh dalam meningkatkan angka kejadian kanker. Laju pertambahan jumlah penduduk yang tidak terkontrol dan kesehatan reproduksi wanita juga harus mendapat perhatian lebih. Factor nutrisi sangat berperan dalam perkembangan manusia untuk menjadikannya unggul. Selain itu, nutrisi juga berperan besar dalam penyembuhan berbagai penyakit.

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang terletak di Jakarta Pusat dan bersebelahan dengan Rumah Sakit Pendidikan RS Dr Cipto Mangunkusumo berkewajiban mengantisipasi perubahan trend penyakit di kota besar, salah satunya dengan meningkatkan kemampuan penelitian di kalangan civitas akademika.

Penelitian di FKUI telah diarahkan atau difokuskan untuk memecahkan masalah kesehatan yang ada disekitarnya, yaitu penyakit infeksi, penyakit degenerative, penyakit genetik dan kanker, neuroscience, biologi reproduksi manusia dan infertilitas.

Di lingkungan Fakultas Kedokteran UI dengan 33 departemennya telah banyak dilakukan penelitian yang bertujuan meningkatkan kesehatan masyarakat. Departemen di lingkungan FKUI-RSCM umumnya telah mempunyai laboratorium masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan departemen.

Dari laporan tahunan, dalam tahun 2007 didapatkan penelitian, dari klinik maupun biomedik dan epidemiologi. Akan tetapi, masih dirasakan kurangnya kerjasama penelitian antar departemen (hanya beberapan persen penelitian yang bersifat kolaboratif antar departmen).

Kerjasama penelitian dengan berbagai institusi telah banyak dilakukan staf FKUI antara lain dengan Institusi Riset di lingkungan FKUI, FMIPA-UI, Departemen Kesehatan (badan Litbangkes) dengan Ristek, maupun Institusi diluar negeri. Selain itu, kerjasama dengan berbagai industri farmasi juga telah dilakukan.

Mengingat jumlah staf/dosen di FKUI yang relatif banyak (800 dosen), dan minat meneliti yang telah meningkat, diperlukan peningkatan sarana dan prasarana untuk penelitian. Untuk itu dirasakan perlu membangun fasilitas laboratorium terpadu dilingkungan FKUI yang akan menunjang kegiatan penelitian yang selaras dengan pohon penelitian FKUI, yaitu :

  • Penyakit infeksi

  • Penyakit degeneratif,

  • Penyakit genetik dan keganasan

  • Neurosains

  • Biologi reproduksi, infertilisasi dan family planning

  • Nutrisi

  • Sel Punca

 

VISI

 

Membuat pengalaman yang tak terhingga untuk semua baik sebagai penelitian dan sebagai pusat diagnosis
 

MISI

Mengembangkan riset, khususnya terkait dengan bidang:

  • Genetika molekuler

  • Perkembangan Makhluk Hidup dan Sel Punca

  • Elektrofisiologi dan Pencitraan (Imaging)​

  • Memberi fasilitas kegiatan riset staf dan mahasiswa FKUI dan non FKUI

  • Menggalakkan kerjasama riset antarbidang di FKUI 

  • Mendidik dan melatih mahasiswa FKUI (dan praktisi medis pada umumnya) dalam teknik-teknik riset Biomedis

  • Mengembangkan pemeriksaan-pemeriksaan baru yang signifikan secara klinis, melalui metode biologi molekuler dan immunoassay

 

KEBIJAKAN MUTU

Komitmen kami adalah: 

Memberikan layanan dengan mutu terbaik kepada kalangan peneliti dari FKUI maupun non-FKUI dengan analisis teliti,  tepat,  cepat, dan profesional sehingga didapatkan hasil pemeriksaan yang terpercaya.Menggunakan metoda analisis  yang teruji dalam setiap  pemeriksaan yang dilakukanMeningkatkan mutu layanan dan kepuasan pelanggan secara berkesinambungan dengan menerapkan persyaratan standar secara konsisten.